Semarang, 16 Desember 2025 — LindungiHutan resmi merilis e-book terbaru berjudul “Winning with CSR: 25 Strategi Keberlanjutan yang Menguatkan Brand dan Kepercayaan Publik di Industri Telekomunikasi”. Ebook ini berisi kumpulan program CSR di sektor perusahaan telekomunikasi, media, dan teknologi, yang dapat digunakan sebagai referensi program CSR untuk meningkatkan reputasi berkelanjutan di tengah meningkatnya tuntutan regulasi, ekspektasi publik, dan persaingan brand yang semakin ketat. E-book ini dapat diunduh melalui tautan https://lynk.id/lindungihutan/dv03v1q6ol85.
Peluncuran e-book ini hadir di tengah berubahnya lanskap industri telekomunikasi. Keberlanjutan kini tidak lagi sekadar aktivitas CSR tahunan, tetapi telah menjadi elemen strategis untuk menjaga kepercayaan publik dan memperkuat posisi perusahaan di pasar.
Melalui e-book ini, LindungiHutan merangkum 25 contoh nyata program lingkungan dari berbagai perusahaan besar, seperti Telkomsel, Indosat Ooredoo Hutchison (IOH), Telkom Indonesia, Link Net, First Media, ST Telemedia Global Data Centres, hingga perusahaan media, seperti SCTV–Indosiar dan Tribunnews. Seluruh contoh disusun agar pembaca dapat memahami bagaimana program CSR dapat diterjemahkan menjadi dampak lingkungan yang terukur, sekaligus meningkatkan kredibilitas dan value perusahaan.
Beberapa aksi yang diulas mencakup penanaman 10.600 pohon mangrove oleh Telkomsel yang diproyeksikan menyerap lebih dari 651 ton CO₂e; pemanfaatan teknologi IoT oleh IOH dalam program silvofishery yang memberdayakan masyarakat pesisir; konservasi terumbu karang oleh Telkomsat dan Telkom Indonesia; ekoliterasi berbasis aksi lingkungan oleh Gramedia; hingga kampanye penanaman ribuan mangrove oleh Link Net, Mitratel, dan STT GDC Indonesia. Setiap studi kasus dilengkapi data dampak seperti estimasi serapan karbon, manfaat ekologis, manfaat sosial, dan relevansinya bagi strategi keberlanjutan perusahaan.
E-book ini juga memuat insight yang mudah diterapkan, seperti cara memilih program CSR yang sesuai kebutuhan bisnis. Dengan konten yang terkurasi dari berbagai praktik terbaik di industri terkait, e-book ini menjadi sumber acuan yang relevan bagi tim CSR, ESG, Sustainability, PR, serta manajemen perusahaan dalam mengembangkan program keberlanjutan yang lebih strategis.
Rekomendasi dan praktik yang dibahas dalam e-book ini disusun berdasarkan pengalaman nyata LindungiHutan sebagai platform crowdsourcing konservasi lingkungan. Hingga kini, LindungiHutan telah menanam lebih dari 1 juta pohon di 34 lokasi konservasi, bekerja sama dengan lebih dari 600 mitra perusahaan, dan mendukung lebih dari 2.200 kampanye lingkungan. Upaya tersebut membantu menyerap lebih dari 48,9 ribu ton karbon melalui kolaborasi antara akademisi, komunitas, masyarakat pesisir, petani bibit, dan pemantau hutan. Data dan pengalaman inilah yang menjadi dasar penyusunan e-book agar relevan dengan kebutuhan industri.
Melalui peluncuran e-book Winning with CSR, LindungiHutan mengajak perusahaan telekomunikasi untuk melihat CSR bukan hanya sebagai kewajiban, tetapi sebagai strategi bisnis yang dapat menciptakan keunggulan kompetitif sekaligus memberikan manfaat ekologis dan sosial jangka panjang. Dengan memahami praktik terbaik industri, perusahaan dapat merancang program yang bukan hanya terlihat baik, tetapi benar-benar berdampak.
Artikel ini juga tayang di vritimes