PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta (KAI Daop 1 Jakarta) menyampaikan bahwa mulai 28 September 2025, rangkaian KA Matarmaja (KA 270/269) relasi Pasar Senen – Malang (PP) akan mengalami perubahan stamformasi (SF). Penyesuaian ini dilakukan sebagai bagian dari optimalisasi pelayanan dan peningkatan kenyamanan pelanggan.
Perubahan SF KA Matarmaja
KA 270 Matarmaja relasi Pasar Senen – Malang
Mulai 28 September 2025, di Stasiun Pasar Senen dilakukan replacement rangkaian, dari semula 9 kereta ekonomi split (K3 Split) + 1 kereta makan pembangkit (KMP3) menjadi 8 kereta ekonomi new generation (K3 NG) + 1 kereta makan (M) + 1 kereta pembangkit (P).
KA 269 Matarmaja relasi Malang – Pasar Senen
Mulai 28 September 2025, di Stasiun Malang juga dilakukan replacement rangkaian, dari semula 9 kereta ekonomi split (K3 Split) + 1 kereta makan pembangkit (KMP3) menjadi 8 kereta ekonomi new generation (K3 NG) + 1 kereta makan (M) + 1 kereta pembangkit (P).
Kedua rangakaian KA tersebut (KA 270/269) merupakan hasil modifikasi Balaiyasa Manggarai. Dengan perubahan ini, diharapkan pelanggan dapat merasakan kenyamanan lebih baik dengan hadirnya rangkaian kereta ekonomi new generation (K3 NG) yang memiliki fasilitas lebih modern dan ramah pelanggan.
Penyesuaian Rangkaian KA Lain
Selain KA Matarmaja, terdapat pula penyesuaian rangkaian pada beberapa kereta api lain mulai 9 September 2025, yaitu:
KA 90/89 Gaya Baru Malam Selatan (Pasar Senen – Surabaya Gubeng PP)
Perubahan SF dari 4 K1 SSNG – 4 K3 SSNG – 1 M – 1 P
Menjadi 3 K1 SSNG – 5 K3 SSNG – 1 M – 1 P.
KA 92/91 Jayabaya (Pasar Senen – Surabaya – Malang PP)
Perubahan formasi dari 4 K1 SSNG – 4 K3 SSNG – 1 M – 1 P
Menjadi 3 K1 SSNG – 5 K3 SSNG – 1 M – 1 P.
Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko, menjelaskan bahwa perubahan rangkaian ini dilakukan secara terintegrasi antar-daop untuk meningkatkan kualitas layanan.
“Perubahan rangkaian ini merupakan bagian dari komitmen KAI dalam memberikan layanan terbaik bagi pelanggan. Dengan rangkaian baru, pelanggan diharapkan mendapatkan kenyamanan lebih baik saat melakukan perjalanan jarak jauh,” ungkap Ixfan.
Lebih lanjut, Ixfan menambahkan bahwa KAI tetap mengedepankan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan dalam setiap operasional kereta api.
Langkah penyesuaian rangkaian KA ini sejalan dengan komitmen KAI dalam mendukung, khususnya:
1. menghadirkan sarana transportasi modern dan berkelanjutan.
2. Memperkuat layanan transportasi publik yang aman, nyaman, dan inklusif.
3. Mendorong efisiensi penggunaan sumber daya dengan rangkaian kereta yang lebih ramah lingkungan.
4. Mendukung pengurangan emisi karbon melalui transportasi massal berbasis kereta api yang lebih efisien dan berkelanjutan.
Dengan upaya ini, KAI tidak hanya meningkatkan kualitas layanan pelanggan, tetapi juga memperkuat perannya sebagai bagian dari solusi transportasi masa depan yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.
Untuk informasi lebih lanjut terkait perjalanan kereta api dan ketersediaan tiket, pelanggan dapat mengakses aplikasi Access by KAI, situs web kai.id, maupun Contact Center KAI121 (telepon 121, WhatsApp 0811-222-33-121, email cs@kai.id).
Artikel ini juga tayang di vritimes