Begini Syarat Mencapai Kandungan Pancasila Menurut Ananta Wahana

  • Bagikan
Ananta Wahana dalam kegiatan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI, bertempat di Rumah Makan Pari Gogo, Cikokol, Kota Tangerang, Banten, Rabu, 31 Januari 2024. (Foto : Istimewa)

TANGERANG | EDITORIAL INDONESIA Anggota MPR RI Dapil Banten, Ananta Wahana mengungkapkan syarat untuk mencapai kandungan yang berada dalam Pancasila.

Menurut Ananta, ada beberapa syarat untuk mencapai kandungan Pancasila yang disebut sebagai living ideologi.
Pertama, Bangsa Indonesia harus meyakini kebenaran Pancasila itu sendiri. Kemudian, setiap individu perlu mempelajari, kemudian dimengerti, lalu dipahami.

“Nah yang terakhir, nilai-nilai Pancasila itu harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Ananta dalam kegiatan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI, bertempat di Rumah Makan Pari Gogo, Cikokol, Kota Tangerang, Banten, Rabu, 31 Januari 2024.

Selanjutnya, Ananta menjelaskan setiap kandungan yang dimiliki Pancasila. Sila pertama, bahwasanya tiap-tiap individu Indonesia hendaknya ber-Tuhan.

“Jadi, bukan beragama, melaikan setiap rakyat Indonesia harus memiliki keyakinan atau ber-Tuhan,” kata politisi PDI Perjuangan yang identik mengenakan blangkon bermotif batik Suku Baduy.

Kemudian Sila kedua, merupakan internasionalisme, yang berakar pada bumi nasionalisme Indonesia.

“Pada prinsipnya, bangsa Indonesia harus mendirikan negara merdeka menuju ke keluargaan bangsa-bangsa,” terangnya.

Sementara pada Sila ketiga, Indonesia bukanlah negara untuk perorangan, kelompok, atau golongan. Akan tetapi, untuk semua bangsa.

Sedangkan, Sila keempat, simbol kepala Benteng melambangkan tenaga rakyat Indonesia yang ulet dan tekun.

Maksudnya, sambung Ananta, syarat mutlak kekuatan negara Indonesia adalah permusyawaratan-perwakilan guna menuju keselamatan, perbaikkan, dan kebijaksanaan.

“Terakhir Sila kelima, Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia adalah penegasan bahwa dalam negara Indonesia yang merdeka tidak boleh ada kemiskinan,” jelasnya.

Dalam sosialisasi tersebut, para peserta yang terdiri dari para tokoh masyarakat Tangerang menyimak dengan khidmat materi yang diberikan.

Di akhir kegiatan, Ananta memberikan bantuan pangan berupa paket sembako kepada para peserta. (TIM)

  • Bagikan